Belakangan ini banyak hal yang berhubungan erat dengan Korea Selatan, banyak masyarakat Indonesia yang mulai menyukai dengan budaya dari Korea. Mulai dari boyband, girlband dan juga drama Korea yang seolah menjadi sesuatu yang wajib untuk diketahui. Bahkan konser yang diadakan girlband dan boyband Korea masih ramai dikunjungi masyarakat Indonesia meskipun harganya sangat mahal. Hal itu membuktikan bahwa eksistensi hal-hal berbau Korea Selatan memang nyata adanya.

Tidak hanya aliran musik dan serial dramanya yang menarik perhatian, makanan-makanan yang berasa dari Korea Selatan juga digemari banyak masyarakat Indonesia dan mulai banyak dijual di supermarket. Kira-kira jenis makanan Korea Selatan apa saja yang wajib anda cicipi? Yuk simak pembahasannya pada artikel dibawah ini.

1. Tteokbokki

Daftar Isi

Makanan khas Korea Selatan yang satu ini berjenis seperti kue beras, sering muncul dalam serial drama Korea Selatan. Bentuknya yang menyerupai tabung panjang dan memiliki warna putih ini sangat digemari oleh para pecinta K-Pop. Untuk penyajiannya, kamu hanya perlu memotong dan memasaknya dengan saus khas Korea Selatan, yaitu Gochujang. Untuk menambah selera saat menikmatinya kamu bisa menambahkan telur rebus atau lembaran fish cake diatasnya.

Konon, penyajian Tteokbokki itu berbeda cara memasaknya zaman dulu dan sekarang, karena dulu makanan ini biasanya dimasak bersamaan dengan kecap asin, daging sapi, kecambah, wortel, dan bawang bombay. Meskipun begitu, makanan ini sangat cocok dinikmati ketika musim dingin tiba.

2. Kimchi

Makanan jenis ini wajib hadir dilemari pendingin orang Korea. Hal ini menjadi salah satu makanan khas Korea Selatan. Kimchi merupakan makanan tradisional yang berbahan baku sawi putih dan lobak. Bisa dikatakan bahwa kimchi termasuk kategori asinan sayur yang difermentasi kemudian diberi bumbu pedas. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa memakannnya secara langsung atau bisa juga menambahkan nasi goreng dan juga sup.

3. Kimbab

Makanan khas Korea Selatan berikutnya adalah bernama kimbab. Bisa dikatakan bahwa kimbab ini merupakan makanan yang hampir mirip dengan sushi. Hal ini tidak lain karena varian isinya yang terdiri dari daging dan sayur, sama seperti sushi. Nasi yang digunakan dalam kimbab ini sudah diberi bumbu terlebih dahulu dan ditambahkan minyak wijen di dalamnya. Untuk isi di dalamnya bisa berupa ikan, telur, daging, keju acar, dan lain sebagainya.

4. Chimaek

Setelah kita mengenal kimbab, tteokbokki, dan kimchi. Kamu juga harus mengetahui makanan khas Korea Selatan yang satu ini. Makanan ini bernama Chimaek yang biasanya disajikan bersama dengan segelar bir sebagai menu pelengkapnya. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas biasanya digoreng garing dan ditaburi dengan wijen diatasnya. Makanan ini bisa kamu jumpai dihampir seluruh restoran yang ada di Korea Selatan.

5. Bibimbap

Bibimbap merupakan salah satu makanan khas Korea Selatan berupa nasi yang diisi dengan beragam sayuran dan daging. Bibimbap memiliki beragam variasi, Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea. “Jeonju bibimbap” (nasi campur Jeonju) merupakan salah satu jenis Bibimbap yang memiliki isian lauk paling banyak.

Terdapat beberapa teori yang menjelaskan mengenai asal usul bibimbab, salah satunya ada yang mengatakan bahwa makanan ini dibuat dari sesaji yang dipersembahkan kepada arwah leluhur. Sehabis melaksanakan ibadah jeas, dalam tradisi ini orang-orang saling berbagai makanan sejaji dan mencampurkannya kedalam mangkuk. Ada pula makanan sejenis bibimbap yang dinamakan heotjesabap ” makanan sehabis jeas”. Nasi campur yang memiliki isian daging sapi ini berasal dari Kota Jinju, Provinsi Gyeongsang.

6. Dak Galbi

makanan khas korea

Makanan yang satu ini cukup populer di Korea Selatan terbuat dari daging ayam yang dipotong-potong menyerupai dadu. Biasanya ditambahkan topping saus gochujang, daun bawang, kue beras, kol dan juga bahan-bahan lain yang memiliki cita rasa lebih nikmat. Untuk penyajiannya biasanya di letakan diatas piring dengan ukuran besar di tengah meja agar lebih mudah untuk dinikmati.

7. Makanan Khas Korea Jjampong

makanan khas korea

Jenis makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati untuk kamu yang menyukai makanan pedas. Jjanmpong merupakan mie kuah pedas dengan isian seafod dan juga bubuk lada merah yang akrab dengan sebutan gochugaru. Mie yang digunakan jjampong ini biasanya terbuat dari gandum dan disajikan kedalam mangkuk besar. Cocok sekali dinikmati pada musim dingin.

8. Makanan Khas Korea Jajangmyeon

makanan khas korea

Makanan khas Korea Selatan yang terakhir adalah jajangmyeon sekilas mirip dengan salah satu makanan Indonesia “mie ayam”. Bedanya jajangmyeon biasanya disajikan bersama dengan saus pasta kacang hitam dengan cita rasa asin. Saus ini juga disebut dengan Chunjang. Untuk toppingnya sendiri, kamu bisa menambahkan daging yang di potong berbentuk dadu dan di tambahkan sayuran di atasnya.

Itulah beberapa pembahasan tentang makanan khas Korea Selatan yang wajib untuk kamu cicipi dan nikmati. Kini di supermarket Indonesia juga mulai banyak menjual bahan instannya sehingga bisa lebih mudah untuk dinikmati, jadi kamu tidak perlu lagi pergi ke Korea Selatan hanya untuk menikmati beberapa makanan tersebut. Bahkan kini direstoran-restoran juga sudah banyak menu makanan khas Korea.